Jumat, 21 Juli 2023

Keunikan Geologi Umum Indonesia



Terdapat tiga fenomena geologi yang menarik di Indonesia. Pertama, sekitar 80 – 90% daratan Indonesia tertutup oleh batuan sedimen alluvial, klastik, dan sedimen piroklastik yang dihasilkan oleh aktivitas vulkanik, seperti trass alluvial, dan tanah yang berasal dari pelapukan. Kedua, formasi batuan di Indonesia sangat muda, dan ketiga, banyak sekali aktivitas tektonik yang terjadi di Indonesia.
Formasi batuan yang muda ini masih belum termampatkan secara sempurna, dan formasi batuan ini terdiri dariberbagai macam tipe batuan. Umumnya tipe batuan ini tidak terlalu padat dan memiliki porositas yang tinggi dibandingkan dengan formasi batuan yang tua.
Sekitar 13 – 17% volkano aktif di dunia terdapat di kepulauan Indonesia dan terdapat 3 jalur sabuk magmatik yang membentang dari Pulau Sumatera dan Irian Jaya. Sejauh ini, dataran Indonesia didominasi batuan sedimen dan formasi batuan yang terbentuk dari aktivitas vulkanik.
Sabuk magmatik di kepulauan Indonesia

Mengacu pada aktivitas tektonik, Indonesia terdiri dari tiga lempeng tektonik Eurasia – Australia – Indian Pasifik yang saling bersinggung sama lain. Karena itu, banyak sekali aktivitas tektonis yang terjadi di Indonesia. Faktanya, sekitar 1 dari 10 gempa bumi terjadi di Indonesia. Gempa bumi tersebut disebabkan oleh zona tarikan yang menyebabkan ketidakstabilan pada lempeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar