Jumat, 21 Juli 2023

Parameter Kualitas Batubara dalam Jual Beli

Halo Sobat Tambang,

Dalam jual beli batubara seringkali kita temui istilah CV GAR, TM, TS, Ash, Sizing Analysis, AFT, dan masih banyak yang lainnya.  
Kali ini kita akan belajar tentang parameter - parameter tersebut, supaya kita lebih memahami apa maksud dari istilah - istilah parameter kualitas dalam perdagangan batubara.
Batubara
 
Total Moisture (TM)
  Total Moisture adalah jumlah keseluruhan kadar air yang terkandung di dalam batubara. 

Free Moisture
  Menggambarkan persentase jumlah air yang menguap dari sampel batubara yang dikeringkan pada kondisi ruangan (suhu dan kelembaban ruangan).

Residual Moisture (RM)
  Adalah persentase moisture yang tersisa dalam batubara yang telah dikeringkan atau telah diketahui free moisturenya.

 
Residual moisture adalah moisture pada sample analisa yang mengacu pada standard ASTM – D3173. Nilai ini juga mengacu pada moisture pada air dried basis di ASTM D3180. 

 Proxymate Analysis

  Proxymate Analysis adalah suatu rangkaian analisa yang dilakukan untuk mengetahui nilai dari parameter ash content, volatile matter dan fixed carbon pada nilai moisture sample tertentu.


Moisture in the analysis Sample
 
  Moisture in the analysis sample adalah nilai yang menyatakan kadar air yang dikandung oleh contoh batubara yang dianalisa di laboratorium. 


Ash Content
  Ash content atau kandungan abu adalah sisa / residu dari pembakaran batubara, yang tidak dapat terbakar (non combustible materials) [SiO2, Al2O3, Fe2O3, MgO, Na2O, K2O, Mn3O4, P2O5].

Tumpukan batubara
 Volatile Matter (VM)
  Volatile Matter adalah parameter yang menyatakan jumlah kandungan zat terbang / zat mudah menguap dalam batubara.

Fixed Carbon (FC)
  Fixed Carbon merupakan kandungan karbon padat yang terdapat pada batubara. Fixed Carbon tidak dinalisa dilaboratorium, melainkan didapat dari perhitungan :

FC = 100 – M – A – VM 

Ultimate Analysis
  Ultimate Analysis (analisa Ultimat) adalah analisa yang memeriksa unsur-unsur zat organik di dalam batubara, seperti karbon, hidrogen, nitrogen, sulphur dan oksigen. Keseluruhan parameter tersebut dianalisa di laboratorium kecuali Oksigen.


Sulphur
  Di dalam batubara, sulphur dapat merupakan bagian dari material carbonaceous atau bagian dari mineral sulphat dan sulphida.
  Sulphur dalam batubara terdapat dalam tiga bentuk, yaitu pyritic sulphur, sulphate sulphur dan organic sulphur.



  Terdapatnya sulphate sulphur dalam batubara sering dipergunakan sebagai petunjuk bahwa batubara tersebut telah mengalami oksidasi,  sedangkan pyritic sulphur dianggap sebagai salah satu penyebab timbulnya spontaneous combustion.




Specific Energy
  Specific Energy adalah jumlah panas yang dihasilkan apabila sejumlah tertentu batubara dibakar.
  Nilai spesifik energi yang didapat pada kondisi tersebut diatas dikenal dengan istilah Gross Specific Energy.
  Maksimum energi yang dapat dicapai pada proses ini dikenal dengan istilah Net Specific Energy.
  Satuan untuk Specific Energy adalah Kcal/kg, MJ/kg atau Btu/lbs.


Hardgrove Grindability Index (HGI)
  Hardgrove Grindability Index (HGI) merupakan indeks yang menggambarkan tingkat kemudah gerusan dari batubara oleh alat pulverizer. Semakin tinggi index HGI, maka semakin mudah batubara tersebut digerus, dan sebaliknya. Di tambang batubara di Kalimantan Selatan range HGI nya berkisar antara 35 - 55.



Ash Analysis
  Salah satu sifat penting pada pemakaian batubara dalam industri adalah sifat mineralnya pada proses pembakaran.
  Rasio kelompok unsur tertentu yang terkandung di dalam batubara dikenal dengan istilah slagging dan fouling factor.



  Slagging adalah kerak yang menempel pada dinding dalam ruang pembakaran dan pipa-pipa superheater yang berjarak renggang sebagai akibat pada proses pembakaran batubara.




  Fouling adalah masalah yang timbul pada proses pembakaran dimana abu halus yang mengandung sodium menguap bersama-sama sulphur dan bereaksi membentuk kerak keras yang menempel pada pipa - pipa superheater yang berjarak rapat, pada pipa-pipa reheater, dan pada pipa economizer.


 
Ash Fusion Temperatures
  Komposisi ash suatu batubara sangat erat hubungannya dengan nilai ash fusion temperature. Ash yang banyak mengandung oksida besi, kalsium, magnesium, natrium dan kalium yang tinggi umumnya mempunyai nilai Ash Fusion Temperature yang rendah, sedangkan ash yang mengandung silika, alumunium dan titan yang tinggi umumnya mempunyai nilai ash fusion temperature yang tinggi.




 Size Distribution
  Pengujian ini penting untuk perancangan plant, mengukur kinerja Crushing Plant dan  mengukur jumlah partikel baik yang halus maupun oversize dalam proses pengapalan batubara. Untuk mengetahui variabilitas suatu komoditas, maka dibuat grafik antara size dan kandungan abu batubara, yang dikenal sebagai size ash index.



Traces Element
  Trace Element dikenal juga sebagai Trace Metals atau Heavy MetalsBeberapa unsur Trace element yang sering diminta untuk dianalisa adalah : B, Hg, As, Se Zn, Cu, Pb, Ag dan Be. Unsur-unsur ini yang terkandung dalam batubara tergolong bahan beracun dan berbahaya (B3).




Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan - rekan Sobat Tambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar